Jumat, 16 November 2012

'Nice Guy' Bad Ending But Nice Drama

Cerita ini diawali dengan Munculnya Kang Ma Ru (Song Joong Ki) dengan menggunakan seragam dokter. Disini Ma ru digambarkan sebagai mahasiswa kedokteran yang pintar. Dia mampu mendiagnosis dengan benar. Dengan bakat yang begitu cemerlang dia malah membuang itu semua dengan menjadi Black Jack bagi Han Jae Hee yang telah membunuh seseorang. Ma Ru rela meninggalkan adiknya Kang Cho Ko (Lee Seul Bi) yang sedang sakit demi menggantikan Han Jae Hee. Enam Tahun kemudian, Kang Ma Ru sudah bebas dari penjara dan berubah jadi jahat. Disana digambarkan dia jadi Gigolo yang mengumpulkan uang dengan mengandalkan mukanya. (Agak kurang yakin dengan pendapat sendiri, mohon infonya). Kemudian Jae Hee dan Ma Ru reuni di pesawat terbang karena Eun Gi (Moon Chae Won) yang digambarkan sebagai calon anak tiri Jae Hee pingsan dan tak bisa bernafas. Ma Ru pun tau kalau Jae Hee mengingkari janji nya.

Kang Ma Ru kemudian berniat membalas dendam pada Jae Hee menggunakan Eun Gi. Ma Ru membantu Eun Gi untuk menyingkirkan Jae Hee yang mencoba menguasai harta Eun Gi. Eun Gi pun dengan mudah jatuh cinta pada Ma Ru karena tampang dan kecerdasan otaknya.
Singkat cerita Eun Gi pun tau kalau Ma Ru menggunakannya untuk membalas dendam pada Jae Hee, hal ini membuat Eun Gi menabrakkan mobilnya pada Ma Ru. Eun Gi amnesia dan Ma Ru mengalami pendarahan di otaknya. Mereka bertemu setelah 1 tahun mengalami penderitaan itu sendirian.
Joon Ha (Pengacara yang membantu Eun Gi) membujuk Ma Ru untuk membantu Eun Gi mengingat semua kenangannya yang hilang dan mengembalikannya ke posisi semula sebagai ahli waris Go Soeng Group. Ma Ru menyetujui hal itu dengan syarat jika ia berhasil maka separuh harta Eun Gi akan dilimpahkan padanya. Ma Ru sekarang tulus pada Eun Gi. Dia sudah melupakan Jae Hee. Eun Gi pun mulai mencintai Ma Ru dan menganggap Ma Ru yang dulu juga sama seperti Ma Ru yang sekarang. 
Waktu terus berlalu dan  perlahan Eun Gi mengingat semuanya. Konflik pun berurai dimana dia makin mencintai Ma Ru tapi kenyataan bahwa Ayahnya meninggal saat dia mengejar Ma Ru membuatnya bergeming. Ditambah lagi bahwa saksi yang menguatkan kalau Sekertaris Ahn dan Jae Hee yang membunuh ayahnya mengalami kecelakaan. 
Penyakit Ma Ru tak dapat ditahan lagi. Saat-saat terakhir dia memutuskan untuk melakukan operasi. Mengetahui itu Eun Gi menyusul Ma Ru di rumah sakit akan tetapi dia tidak masuk ruangan Ma Ru. Saat mengetahui hal itu dari Jae Gil (Lee Kwang Soo) Ma Ru langsung lari dan mencari Eun Gi. Sekertaris Ahn ingin membunuh Eun Gi, akan tetapi alih-alih menusuk Eun Gi, Sekertaris Ahn menusuk Ma Ru yang langsung membalikkan badannya untuk melindungi Eun Gi. 
Akhir cerita ini ga bisa ditebak bila dilihat dari runtutan ceritanya. Di salah satu scene Ma Ru yang tertusuk tadi terkapar di jalan yang gelap tanpa seorangpun lalu lalang tapi di scene yang benar-benar terakhir, dia malah digambarkan menjadi dokter setelah ingatannya hilang. Kisah Ma Ru dan Eun Gi pun Happy Ending



***
Itu tadi cerita singkatnya, nah sekarang ijinkan saya mengungkapkan perasaan saya setelah melihat drama ini. Yang saya rasakan adalah kecewa dan kagum. Kecewa, karena saya pikir drama ini akan berakhir dengan matinya Ma Ru (Logika saya mengatakan bahwa tak mungkin Ma Ru masih bertahan dengan keadaan setengah sekarat karena pendarahan otaknya ditambah pendarahan akibat tusukan Sekertaris Ahn). Hal ini beralasan karena dari melodrama yang pernah saya lihat semuanya sad-ending contoh: Autumn in my heart, Silence. Sebenarnya saya sudah memikirkan 3 ending yang mungkin untuk drama ini : Ma Ru mati tanpa Eun Gi tau kalau dia mati, Ma Ru mati dipangkuan Eun Gi (seperti ending Silence), dan yang terakhir yang menurut saya kecil sekali kemungkinannya Ma Ru gantian hilang ingatan. (kagumnya mulai dari sini) Viola... pada Episode terakhir saya terbahak-bahak karena tebakan ketiga saya benar. Ma Ru hilang ingatan. Saya mengira drama ini bukan Melodrama seperti yang didefinisikan oleh website-website pemuat drama ini.
Berangkat dari itu, saya kemudian bertanya sebenarnya bagaimana tho yang disebut melodrama itu? dan setelah googling saya menemukan berbagai pendapat yang kalau saya simpulkan Melodrama adalah : "Drama yang menyajikan cerita yang mendayu-dayu dan menguras hati penontonnya, cerita dimana dunia ini hanya hitam dan putih". Berdasarkan kesimpulan saya tersebut Drama ini disebut semi-melodrama karena dalam drama ini tokoh yang jahat tidak sepenuhnya jahat dari awal sampai akhir cerita. Selain itu dalam drama ini dimunculkan juga dunia abu-abu dimana kita menebak-nebak bagaimana sebenarnya perasaan Ma Ru pada Eun Gi sebelum dan sesudah kecelakaan. Kebingungan ini ada karena Ma Ru seperti punya muka dua yang sering berganti dari scene 1 ke scene lainnya. 
Drama ini cocok bagi penikmat Drama yang tidak ingin berurai air mata di akhir ceritanya. Selain itu penokohan dalam drama ini berbeda dengan penokohan drama lain yang terbagi hanya antagonis dan protagonis. Disini ditampilkan tokoh utamanya bisa menjadi antagonis dan protagonis dengan menyajikan alasan yang dapat masuk diakal dan lebih manusiawi.

Tidak ada komentar: