Minggu, 01 Maret 2015

D.I.D Battle


Kill Me Heal Me (KMHM)
Stasiun TV: MBC
Sutradara: Kim Jin Man dan Kim Dae JIn
Pemain: Ji Sung, Hwang Jeung Eum
Penulis Naskah: Jin Soo Wan
Genre: Rom-com
Plot: Seorang Milyarder keturunan yang mempunyai 7 kepribadian mencoba menyembuhkan penyakitnya dengan bantuan seorang residen tahun pertama.
 
Hyde, Jekyll and Me (HJM)
Stasiun TV : SBS
Sutradara : Joo Young Kwang
Pemain: Hyun Bin dan Ha Ji Min
Penulis Naskah : Kim Ji Woon
Genre: Rom-com
Plot: Geo So Jin, Seorang Pimpinan Perusahaan dari Taman Bermain Wonderland menderita DID dengan 2 kepribadian. Suatu hari sisi Hyde nya (yang sudah 5 tahun tidak muncul) bangkit kembali karena seorang gadis terancam keselamatannya. 

                Kesamaan tema memang marak di dunia hiburan Korea. Jika ditilik mundur tiap tahun drama Korea menampilkan tema-tema yang berbeda. Seperti misalnya tahun kemarin sedang booming tentang tema bersatunya kembali pasangan yang sudah bercerai (Fated to Love You, Emergency Couple, Cunning Single Lady). Atau tahun 2013 yang booming dengan time-traveler(Rooftop Prince, Faith etc.). Nah tahun ini sepertinya tema psikologi sedang marak ditampilkan (It’s Okay It’s Love, Heart to Heart, KMHM, HJM).
                Saat ini ada 2 Drama di time-slot Wed-Thru (Jam Tayang pada hari rabu dan kamis pukul 10:00 KST) yang sama-sama mengangkat tentang D.I.D atau lebih dikenal dengan Multiple personality Disorder. Kedua drama ini sama sama mengambil tema tentang DID dan penyebabnya. Kedua tokoh utama (Diperankan oleh Ji Sung dan Hyun Bin) sama-sama mengalami trauma masa kecil dan rasa bersalah yang mengakibatkan keduanya membagi dirinya seperti amoeba (entah kenapa aku teringat Horcruxnya Voldemort saat membahas tentang DID).
                First male lead di kedua drama ini sama-sama mempunyai acting yang hebat. Hyun Bin bahkan pernah berperan sebagai wanita dalam serial Secret Garden. Ji Sung juga banyak memerankan ranah karakter yang berbeda-beda (yang ku tahu dia bagus dalam memerankan childish chaebol di PTB dan Arogant chaebol di Secret).
                Dari segi penulis naskah, spertinya agak kurang imbang karena KMHM adalah hasil tangan dari penulis The Moon Embracing The Sun (Drama populer tahun 2012). Sedangkan HJM ditulis oleh penulis naskah baru Kim Ji Woon. Dari sisi penyutradaraan, Joo Young Kwang (HJM) menyutradarai 49 Days  dan Kim Jin Man (KMHM) adalah produser dari The Greatest Love serta Kim Dae Jin (KMHM) adalah sutradara drama Hotel King.
                Kesan pertama pada kedua drama ini pun berbeda karena Kill Me Heal Me menuntun penonton untuk ikut berpikir dan mencurigai setiap detail yang diberikan. Sedangkan HJM dari awal sudah memaparkan bagaimana jalannya plot dan sudah ditampilkan siapa diibalik peristiwa apa. Disini keduanya bagaikan dua sisi uang. KMHM akan disukai oleh orang-orang karena rasa penasaran tapi rasa penasaran itu akan membuat kita lelah setiap selesai melihat satu episode. HJM akan disukai karena kita selalu mendapat jawaban dari pertanyaan episode berikutnya akan tetapi pola ini juga membuat kita bosan karena penonton hanya pasif menerima apa saja yang diberikan oleh tim produksi.
                Meski kedua drama ini mengambil genre rom-com, KMHM lah yang masih mempertahankan unsur komedinya, meski memasuki bagian episode mellow(biasanya pada fase antiklimaks sebuah drama)pun masih ada sisipan komedi. Unsur komedi tidak begitu terasa di HJM (adegan yang muncul membuat kita menyeringai bukan tertawa geli).
                Drama manakah yang kalian ikuti? KMHM? HJM? Why not both?
Sumber :
http://wiki.d-addicts.com/Hyde,_Jekyll,_Me
https://www.google.com/search?q=moon+that+embrace+the+sun&ie=utf-8&oe=utf-8

Tidak ada komentar: