Kamis, 02 April 2015

Heart To Heart




cr Soompi

Cast: Choi Kang Hee, Chun Jun Myung, Ahn So Hee, Lee Jae Yoon*
Director: Lee Yoon Jung*
Script writer: Lee Jung A**
Broadcast network: TVN*

KDramaland memang sedang dibanjiri dengan tema Healing Romance. Salah satunya adalah Heart to Heart. Drama ini menceritakan tentang Healing Romance antara seorang gadis anthropobic dan psikiater yang punya fobia terhadap pasien.

            Cha Hong Do diperankan oleh Choi Kang Hee, adalah seorang wanita yang menderita Anthropobia. Setelah memendam rasa cintanya pada Jang Do Soo selama 7 tahun, Ia ingin berinteraksi layaknya wanita normal dengan pujaan hatinya tersebut. Selama ini Hong Do hanya berani memberi lauk dan catatan kecilnya pada Do Soo lewat kotak surat. Suatu hari ia pun menemui Ko Yi Suk untuk minta disembuhkan dari penyakitnya itu.
            Cha Hong Do digambarkan sebagai karakter yang cool dalam menghadapi one night sex nya dengan Yi Suk. Biasanya karakter wanita akan bersembunyi setelah kejadian itu karena alasan malu, tapi di sini Cha Hong Do lah yang meminta maaf duluan pada Ko Yi Suk karena merasa memanfaatkannya di malam itu. Hal ini pun membuat Ko Yi Suk (dan aku) terperangah. Bagaimana tidak? Seorang Antrophobia baru saja meminta maaf karena dia memanfaatkan Ko Yi Suk untuk melampiaskan kesedihannya.
            Meski Hong Do tidak lulus SMA tetapi dia adalah gadis yang pintar, buktinya dia bisa menjawab dengan benar setiap pertanyaan pada acara kuis. Tentu saja dia tidak mengikuti kuis tersebut. Dia hanya menjawab di depan televisi ketika pembawa acara membacakan kuis. Ya persis seperti yang kita lakukan saat menonton Olimpiade Indonesia Cerdas.
            Ko Yi Suk diperankan oleh Choi Jun Myung yang digambarkan seorang psikiater yang self centered. Dia juga menderita phobia pasien yang anehnya tidak dia alami jika Cha Hong Do di dekatnya. Alasan klise yang kutangkap adalah Fate, mereka berdua dihubungkan oleh benang merah tak kasat mata. Karena itulah fobia Ko Yi Suk ‘sembuh’ saat bersama Cha Hong Do.
Male lead character development di sebagian besar drama(yang pernah kulihat) biasanya terjadi setelah memasuki fase romance. Aku sudah senang karena setelah memasuki fase romance Yi Suk masih dengan karakter aslinya –self centered-. Tapi memang sepertinya pakem penulisan kreatif memang harus menyertakan character development jadi Yi Suk berubah perlahan. Yang paling membuatku kecewa adalah perubahan Ko Yi Suk menjadi beta-male. Dia bahkan tidak bisa membuat Hong Do mengubah panggilan kechuk (Kamu kasar red) menjadi Oppa (panggilan sayang kepada pacar laki-laki).
Pencahayaan yang redup membawa kesan mellow yang romantis. Aku yang sudah terbiasa melihat drama dengan full lighting mendapat feel baru dari drama ini. Hal ini juga menunjukkan konsistensi dengan pemilihan latar belakang keluarga Ko Yi Suk yang cenderung orang kaya ‘klasik’ (yah, seperti keluarga kraton gitu lah mudahnya).
Di beberapa episode, menit-menit awal diisi dengan foreshadowing scene. Hal ini merusak mood. Memang antimainstream tapi, aku tidak suka cara ini.
Setelah, terpukau oleh beberapa episode awal. Aku diingatkan lagi bahwa ini adalah KDrama. Pertunjukkan yang fase romance nya harus melewati salah satu plot (diantara sekian klise plot lain) yaitu I Love You but I killed your sibling/relative. Kita ngga bisa protes tentang hal ini. Kalau protes kita sama aja protes jangan ada adegan joget-joget di film Boliwood.
Yang paling nyebelin adalah twist plotnya. Dimana faktanya adalah ayah Yi Suk yang membakar gudang. It so unfair for Hong Do. Dia dikambinghitamkan atas kematian Ko Il Suk. Kenyataan yang dipaparkan diakhir ini membuatku merasa dicurangi. Kita ngga bisa membenci villain dari awal. Kita ngga bisa puas-puasin membeci tokoh jahat seperti di drama lain. Ini sama aja kaya kita makan nasi yang porsinya nanggung masih laper tapi lauknya udah habis duluan.
Nah, salah satu tokoh yang membuatku ngga respect adalah Jang Do Soo. Hello… she is waiting you in 7 years and you not giving your hand to her. But, ketika Ko Yi Suk membuat Cha Hong Do keluar dari persembunyiannya dia ngga terima dan ingin mengklaim Cha Hong Do kembali.


Sumber:
*Soompi thread
** asianwiki

Tidak ada komentar: