Sabtu, 12 November 2011

100 Rahasia Membuat Hidup Bahagia

Judul : 100 rahasia membuat hidup bahagia Happy People
Pengarang : David Niven Ph. D
Terjemahan oleh : Haris Munandar M.A
Tahun terbit : 2002
Penerbit : Penerbit Erlangga

                Akhir-akhir ini saya merasa bosan dengan hidup saya. Kebosanan ini dipicu karena adanya ketidakpuasan. Dampaknya saya selalu murung dan terlihat sedih setiap kali berangkat kuliah. Hal ini berpengaruh pada altivitas saya sebagai mahasiswa. Kemudian iseng-iseng saya pergi ke perpustakaan dan menemukan buku ini “100 rahasia membuat hidup bahagia Happy People”. Kebetulan sekali batinku.
                Buku ini berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan kebahagiaan seseorang berdasarkan penelitian. Hal-hal tersebut dikemas dengan kalimat utama seperti “gunakan strategi untuk mencapai kebahagiaan”, “anda tidak harus menang setiap saat, dan lain-lain” dan di sebaliknya diberi contoh kasus yang relevan dan hasil penelitian mengenai kalimat tersebut.




                Pada awalnya saya merasa bahwa buku ini tidak memotivasi saya untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik. Saya selalu membantah apa yang diutarakan dalam buku ini. Tapi setelah menginjak bab ke 14 barulah saya mengangguk-angguk tanda setuju pada isi buku. Bab-bab awal mengajak kita untuk menjadi pribadi yang pesimistis bahwa kita tidak bisa melakukan apa-apa selain menerima apa yang telah terjadi. Tapi bab-bab berikutnya sedikit demi sedikit mendorong kita untuk membangun strategi guna mencapai kebahagiaan yang akan datang.
                Penulisan inti dari masing masing bab yang terletak di depan halaman membuat kita tertarik untuk membaca kelanjutan dari kalimat tersebut. Selain itu kita juga tidak usah membaca keseluruhan penjelasan untuk mendapatkan intisarinya. Buku ini sangan direkomendasikan bagi orang-orang yang belum menemukan kebahagiaannya. Bacalah dan berbahagialah

Tidak ada komentar: