Senin, 22 September 2014

Before Sunrise, Perjalanan Makna




Director : Richard Linklater
Cast: Ethan Hawk & Julie Delpy
               Menit pertama melihat film ini Jesse  dan Celine membuat ku teringat cerita dari temanku. Saat dia naik bis ke Jogja, dia bertemu dengan cowok dan mengajaknya bercerita tentang banyak hal.  Tapi, ending cerita ini tak sama dengan cerita teman ku, mereka masih ketemuan dan saling bertukar sms an. Sebelumnya aku ngga percaya awal cerita seperti ini. Karena seumur hidup aku ngga pernah diajak ngomong seorang cowok pas di bis. So, pas denger cerita dari temen ku itu aku mulai mengubah pandangan ku terhadap awal cerita di film ini.

                Alasan kenapa aku tertarik dengan film tua ini karena film ini menjadi bahan bahasan oleh Hee Soo dan Jae Yeol dalam drama.. ya kalian tau dalam drama ini.
                Film ini bercerita tentang petualangan Jesse dan Celine dalam menghabiskan satu malam di Wina. Mereka saling bertanya tentang pribadi masing masing dan mulai timbul ketertarikan antara mereka berdua. Mereka bahkan saling mengaku bahwa mereka tertarik melalui adegan “telepon-teman” (Sepertinya aku pernah lihat adegan seperti ini di drama Lie To Me). Dan akhirnya mereka berpisah juga. Jesse kembali ke US dan Celine kembali ke Paris dengan janji mereka akan bertemu kembali dalam 6 bulan ke depan di tempat yang sama.
                Poin yang beda dari film ini adalah film ini ngga ngumbar panorama alam yang bikin kita mangap, tapi film ini ngasih kita panorama makna. Ini membuat ku sadar bahwa fun-nya berwisata itu ngga melulu tentang view yang fotogenic. Kita bisa juga fun dengan menikmati momen sehari-hari with someone spesial tentunya. Ini lebih berarti karena, kita bisa fun lagi saat kenangan itu muncul pas ngelihat momen sehari-hari contohnya pas ndengerin Harpsichord mungkin juga pas masuk ke bar.
                Aku suka cara penggambaran perasaan mereka yang tidak mau mengatakan lebih dulu bahwa masing-masing ingin bertemu kembali. Kesannya realistik aja bahwa kita ini Cuma ketemu sehari aku ngga mau jadi pathetic yang berharap bahwa kita ketemu lagi.
                Ini pendapatku tentang film ini. Setuju atau ngga silakan tonton filmnya. Chaw!

Tidak ada komentar: