Senin, 28 November 2016

Moonlight Drawn by Cloud, Last Report



            
Yeah, drama ini memang sudah rampung tayang beberapa minggu lalu, tetapi tidak ada salahnya kan saya menuangkan tanggapan saya dalam blog pribadi?
            Alasan saya melihat drama ini adalah ingin memantau bagaimana perkembangan akting Park Bo Geum. Sebelumnya, saya mengenal Bo Geum lewat aktingnya bersama dengan Joo Won di Tomorrow Cantabile (remake dari drama Jepang berjudul Nodame Cantabile). Di sana dia terkenal sebagai artis pendatang baru yang mampu memerankan karakter Lee Yoon Ho dengan baik. Hasilnya, saya puas, Bo Geum mampu membawakan karakter Lee Young dengan baik dalam drama sageuk (drama dengan tema historis-kor) ini, meski aktingnya masih belum menggunakan seluruh badannya. 





            Drama MDC adalah drama adaptasi dari novel yang berjudul sama. Drama ini merupakan hasil kolaborasi antara sutradara Kim Sung Yoon yang telah mensutradarai Drama Discovery of Love dengan Sutradara Baek Sang Hoon yang mensutradarai drama sensasional tahun ini Descendant of The Sun. Selain kolaborasi dengan sutradara DOTS, drama ini juga menggaet sinematografi dan direktor musik dari DOTS juga. Penulis drama ini adalah Yoon Yi Soo, KK, Kim Min Jung dan Im Ye Jin. Drama ini juga menjadi ajang comeback nya penyanyi ballad korea Sung Si Kyung dan Baek Ji Young -Raja dan Ratu Original Sound Track-.
            Drama ini bercerita tentang Seorang Putra Mahkota (diperankan oleh Park Bo Geum) yang jatuh hati pada Kasimnya Hong Ra On (diperankan oleh Kim Yoo Jung). Karena suatu keadaan politik (yang tidak ia ketahui) Hong Ra On menyamar menjadi laki-laki dengan nama Hong Sam Nom. Keadaan ekonominya memaksa dia untuk berubah profesi dari penulis jalanan menjadi seorang Kasim kerajaan. Pihak produksi dalam konferensi pers juga menyatakan bahwa drama ini bercerita tentang kisah romantis yang terjadi di abad ke 19, bukan cerita politik yang dibumbui dengan cinta. Sehingga harapannya drama ini mudah diterima masyarakat. Ditambah lagi, drama ini tidak menampilkan plot –kau-menipuku-dengan-menjadi-laki-laki- yang sudah mainstream terdapat dalam drama crossdresser. Hal ini membuat dramanya semakin plus-plus.
Terdapat kemiripan antara MDC dengan Sungkukwan Scandal (Drama yang populer pada tahun 2010) ceritanya sama-sama seorang wanita yang menyamar menjadi pria dengan setting sageuk, meski status yang disorot dalam SS berbeda dengan status tokoh utama dalam drama MDC. Selain SS, drama ini juga mirip dengan drama Moon that Embracing the Sun (drama populer lain yang dibintangi oleh Kim So Hyun pada tahun 2012) dimana tokoh utama wanitanya menyamar (menjadi tabib) kemudian jatuh cinta dengan tokoh utama pria (Raja) disertai dengan konflik aku-mencintaimu-tapi-kau-pembunuh-ayahku. Kemiripan ini membuat penonton (terlebihnya saya) merasa bosan dengan alur yang mudah ditebak. Hasilnya, saya tidak tertarik lagi setelah Putra Mahkota Lee mengetahui bahwa Kasim Hong (diperankan oleh Kim Yoo Jung) sebenarnya adalah seorang wanita.
            Prestasi drama ini sendiri bagus, dilihat dari ratingnya yang mencapai rata-rata 20%an di akhir-akhir episode. Hal ini merupakan pencapaian yang bagus karena rata-rata drama populer akhir-akhir ini hanya mencapai 15-18% dalam rating penontonnya. Artis utama wanitanya Kim Yoo Jung juga mendapat penghargaan dalam APAN Star Award sebagai Best New Actress. 
Sumber:

Tidak ada komentar: