Sabtu, 09 Mei 2015

My Confession: First Time Hating A Villain

Tokoh antagonis adalah unsur tokoh paling penting dalam sebuah cerita. Tokoh ini perlu ada untuk menjalankan plot, terutama pada bagian Klimaks. Terlebih lagi tokoh ini juga merupakan ujian bagi para Protagonisnya. 

Selama 6 tahun melihat drama Korea, aku jarang memperhatikan tokoh penting ini. Bahkan aku sering menskip bagian selain romance-scene. Baru akhir-akhir ini saja aku tidak sembarang menskip karena aku menonton langsung (streaming). Karena keadaan ini aku jadi memperhatikan bagaimana jalannya cerita dan sedikit-demi sedikit menganalisis (lebih banyak mengkritik sebenarnya) tokoh dan plot.

Tokoh Villain yang pertama mendapatkan anugrah kebencian ku adalah tokoh Joon Hee dalam FFI (Yes, the one i've mentioned at previous post). Aku belum pernah sebenci ini pada tokoh villain (baik dalam sinetron, dongeng, cerita dan drama). Bahkan aku tidak membenci Min Ho di awal episode (Joon Hee melakukan dirty trick yang persis apa yang dilakukan Min Ho). Aku belum pernah merasakan kebencian sebesar ini (sampai-sampai pengin rasanya narik dia keluar dari monitor dan kujadikan samsak) sebelumnya. Mungkin di drama-drama sebelumnya memang ada tokoh menyebalkan melebihi Joon Hee yang luput dari radar kebencian ku, tapi aku benar-benar membencinya.

Dia adalah tokoh rendah diri yang gila akan status (is it possible?). Dia tokoh matrealistik yang memandang cinta dari materi (meski aku ngga percaya cinta itu ada buatku, tapi aku percaya cinta itu ada). Dia tokoh yang rela membunuh teman baiknya hanya untuk meraih kekuasaan (mungkin cintanya Soon Jung juga). Dia cosplayer yang cuma bisa niru langkah Min Ho, yang berharap ancamannya bisa membuat Soon Jung kembali ke sisi nya (untung saja karakter Soon Jung di sini ngga seperti  karakter Candy yang sering menjadi patokan karakter utama wanita di genre rom com). Dia Master of Dirty Trick yang cari perhatian (ah elah,,, emang cewek cuma Soon Jung doang?).

Meski aku sangat membencinya, tapi ini membuatku sadar bahwa penulis drama ini hebat. Dia anti mainstream dengan membuat karakter yang benar-benar gelap bukan abu-abu seperti dalam drama lain (yang sedang marak). Yah, meskipun Ayahnya dan Ji Hyun (mantan partner Min Ho) menyumbang sedikit banyak ramuan monster, tapi 100% kesalahan ada pada dirinya sendiri yang meminum ramuan itu. Benar juga kata Soon Jung saat menolak membantunya berhenti (episode 9) "Meskipun aku pergi ke sisi mu, kamu tidak akan menyerah. Meskipun kau sekarang berkata akan menyerah, cepat atau lambat kau akan mulai lagi karena kepribadian mu tidak mudah berubah." Jika memang Joon Hee ingin berhenti, dia akan berhenti dengan sendirinya dan segera menyerahkan diri ke polisi.

Tidak ada komentar: