Kamis, 28 Juli 2011

RATU TALKSHOW AMERIKA


Siapa yang tidak mengenal Oprah Winfrey. Pembawa acara sekaligus produser acara Oprah Winfrey The Show ini telah sukses meraih berbagai penghargaan, salah satunya dianugerahi sebagai salah satu dari 100 wanita yang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2005 oleh majalah Forbes. Oprah Gail Winfrey lahir pada tanggal 29 Januari 1945 di Kosciusko, Mississippi. Masa kecilnya sangatlah tidak menyenangkan. Karena,ia harus berpisah dari orangtuanya. Ayahnya bekerja sebagai tukang cukur sedangkan ibunya bekerja sebagai pembantu.

Di usia 6 tahun, ia ikut ibunya yang bekerja sebagai pembantu. Pada umur sembilan tahun dia mengalami pelecehan seksual dilakukan oleh sepupunya. Setelah itu ia terjerumus ke dalam pergaulan bebas dan mengonsumsi obat-obatan terlarang. Menginjak remaja ia tinggal bersama ayahnya dan dididik disipiln. Dari situlah Oprah mendapatkan kepercayaan dirinya kembali.
Karirnya diawali ketika ia menginjak usia yang ke 17, ia bekerja menjadi reporter radio local. Karena kepandaiannya, ia meneruskan kuliah di salah satu universitas di daerah Mississippi. Di tahun pertama kuliah, acara talkshow yang dipandunya di radio menarik perhatian banyak orang. Makanya, ia diminta untuk menghandle salah satu acara di WJZ-TV. Beberapa bulan setelahnya, acara yang dia pandu mengalami kesuksesan.
Setelah itu dia pindah ke Chicago untuk memandu acara pagi A.M CHICAGO. Kurang dari satu bulan, acara itu berubah menjadi The Oprah Winfrey Show. Yang durasi tayangnya mencapai 1 jam. Kini, acara tersebut ditayangkan di 112 negara dan ditonton oleh sekitar 30 juta penonton amerika setiap minggunya.
Ia kemudian membeli acara tersebut hingga mampu memodifikasi sesuai dengan kehendaknya. Acaranya itu diolah dan disetting melalui perusahaan produksi yang diberi nama HARPO production. Nama itu berasal dari namanya yang ditulis secara terbalik.
Pada tahun 2000 Oprah menerbitkan O, The Oprah Magazine yang menjadi majalah terbitan yang paling laris dan khusus mengulas masalah kehidupan wanita. Pada tahun 2002 Oprah menawarkan majalahnya ke dunia dan meluncurkannya pertama kali di Afrika Selatan.(Struggle For Succes)

Tidak ada komentar: