Minggu, 31 Juli 2011

KOK Aku Ga Nyadar?


Hari ini adalah pintu awal ramadhan. Tradisi nyekar pun masih dilakukan oleh keluarga kami. Aku yang jarang pulang ini semalem ditelpon suruh pulang mau diajakin nyekar. Yaudah deh akhirnya aku pulang. Setelah aku selesai nyekar aku pun iseng muter-muterin kecamatan. Banyak kenangan yang aku ingat kembali saat muter-muter itu. Tapi akan kuceritakan dipostingan lain. Sekarang aku mau cerita tentang ‘ketidaksadaranku’ selama 20 tahun ini.

Setelah muter-muter, aku mampir ketempat nenek dari bapakku. Beliau baru pulang dari pasar Wonosari. Beliau bercerita kalau mbak Dewi, Sepupuku dari bapak baru aja lairan, anaknya cowok. Nah abis itu aku ngasih tau bapakku, beliau nyuruh aku buat kesana (kerumah mba dewi) untuk nengokin anaknya. Dan akupun kesana. Anaknya lucu sih kecil banget beratnya 2,7 kg dan panjangnya 41 cm. mengingat angka 2,7 itu aku jadi keinget sama berat lahirku sendiri. Dulu aku dilahirin juga segitu. Yang aku inget (tentu aja bonyok yang cerita) dulu mukaku ditutup pake 3 jari orang dewasa aja udah ga keliatan (saking kecilnya). Trus mbak Eni (kakaknya mba Dewi) bilang kalau aku tuh lahirnya bulan Ramadhan. Lah, aku baru tau ini. Dulu sih aku emang sempet ngira ‘Rohmah’ yang ada di namaku itu juga berasal dari Romadhon tapi aku ga pernah ngeh buat Tanya ke ortu ku lebih lanjut.
Ternyata eh ternyata pas aku googling ternyata (lagi saking kagetnya) bulan Romadhon di tahun 1991 emang ada di bulan maret dan april.  aku emang dilahirin di bulan suci itu kurang lebihnya sih tanggal 10 hijriah, 10 hari pertama dibulan Ramadhan. Wah. 20 tahun baru nyadar itu keterlaluan apa kebangeten sih?? Di dunia ini selain aku ada nggak yang ga nyadar tentang dirinya sendiri???

Tidak ada komentar: