Kamis, 28 Juli 2011

PEMILIHAN DEKAN

Pemilwa telah berlalu 5 bulan yang lalu, hasil Pemilwa pun sudah diketahui khalayak umum. Para pemimpin ormawa yang kini memikul amanah sebagai wakil mahasiswa pun telah terpilih dan menjalankan amanahnya selama 5 bulan juga. Seperti halnya para pemimpin ormawa yang berganti setiap tahun, pemimpin birokrasi di kampus kita juga mengalami pergantian. Pergantian Pemimpin Birokrasi ini dilaksanakan 5 tahun sekali. Sebentar lagi jajaran dekan FMIPA khususnya dan UNY pada umumnya akan mengalami pergantian. Rencananya pada bulan Juli ini, akan diadakan pemilihan Dekan beserta jajarannya.
Pemilihan dekan kali ini berbeda dengan pemilihan yang lalu dimana tidak ada lagi kontribusi mahasiswa dalam menentukan siapa dekan yang menjabat. Criteria terpilihnya dekan ditentukan oleh suara perwakilan Permendiknas dan Senat dengan perbandingan 35  berbanding 65. Hal ini berarti dekan yang terpilih adalah dekan yang disetujui 65% oleh senat dan 35 % dari perwakilan Permendiknas (Rektor terpilih).
Pemilihan jajaran dekanat juga demikian halnya. Kandidat yang terpilih sebagai Pembantu Dekan I, II, dan III serta Kepala Jurusan maupun Kepala Program Studi adalah kandidat yang memiliki 65% suara dari Senat dan 35 % suara dari Dekan terpilih.(Ars)

Tidak ada komentar: