Minggu, 25 Desember 2011

Catatan Akhir Kabid Jurnalistik Hima IPA 2011

Hm.. Dua jam lalu aku resmi Jadi MANTAN.

Eits Bukan mantan pacar atau mantan calon pacar tentunya.

Jadi Mantan Ketua Bidang alias kabid Jurnalistik HIMA IPA. Yah, Ga kerasa juga udah berakhir, perasaan baru aja kemaren dilantik dengan cuci muka pake kembang tujuh rupa, Baru kemaren juga Ngelaksanain proker pertama Jurnalistik bikin mading bareng. Ah, sekali lagi waktu emang cepet banget berlalunya.



Acara Sidang Umum (SU) di undangan sms nya sih bilang jam 7 mulai. tapi emang dasar jam karet nya Indonesia udah terkenal dimana-mana makanya pada molor semua sampai jam 8nan baru dimulai. Aku emang telat dan udah bilang juga sama Ary (mantan ketua hima) kalau aku bakalan telat gara-gara si Blakie. Oke jam segitu acara baru dimulai padahal targetnya sehari ini harus selesai Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), Pembahasan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADART), Pembahasan Garis-garis Besar Haluan Kerja (GBHK) Trus penilaian dan Rekomendasi untuk taun kedepannya.
Acara di buka oleh Bapak Suhandoyo Ms selaku Wakil Dekan III yang intinya mengapresiasi visi-misi Hima IPA yang udah disampein sama mantan ketua HIMA sebelumnya dan menambahkan kalau kita harus memiliki karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam berorganisasi.
Pas penyampaian LPJ sih tetep molor trus pas Sesi tanya jawab, Ya gitu deh berhubung banyak banget yang harus kita pertanggungjawabkan jadinya banyak juga pertanyaan mengenai proker-proker, Kinerja dan ketercapaian target awal. Setelah LPJ dilanjutkan dah tuh penilaian oleh MPO dan panitia. janji awalnya sih cuma setengah jam, tapi satu jam kemudian baru kita dipersilahkan masuk ke ruang sidang lagi.. hueh....benar-benar mencerminkan bangsa Indonesia.

Ah ya... Rencananya pas sesi penilaian itu kita poto-poto di Studio. Tapi berhubung mengingat waktu yang diberikan cuman setengah jam jadi kita semua mutusin buat poto di depan dekanat selatan aja. Setelah poto-poto akhirnya kita ngumpul perbidang. Belum sempet aku ngomong serius ke anak-anak 2010 si Iti dah pulang duluan... Dasar bocah! Dan apa yang mau aku omongin pun ilang akhirnya kita malah ngerayu Gotil buat nraktir kita Es "dongdong' entah kitanya yang jago ngerayu atau emang gotilnya yang lagi baik hati akhirnya kita berempat digratisin es satu-satu... Yey.. lumayan...

Abis itu kita nunggu lama banget sih penilaiannya dan akhirnya kita mutusin buat sholat Ashar dulu. Trus Ada ide buat narsis poto-poto
anak panti asuhan nyasar ke UNY
yap, Ini adalah cover Girl Majalah batik
Okeh ga usah banyak-banyak ngapload potonya takut ada yang ngamuk karena ga diajak poto. 

Setelah selesai dan puas narsis kita balik lagi ke ruang sidang dan Jeng-jeng....
Ternyata kita dapet Nilai A-. Emang turun sih dari Nilai kita kemaren. Tapi gapapa, Semoga itu bisa jadiin HIMA kedepannya lebih baik. Nah karena dari awal emang udah molor maka pembahasan ADART Dan GBHK pun dikebut, Pimpinan presidiumnya Bacain ADART dan GBHK udah kaya ngerapal doa pas ketemu pocong atau hantu lainnya. Huehehe, maklum dikejar deadline.

Okeh mungkin itu aja penutup cerita ku Sebagai Kabid Jurnalistik HIMA IPA. Saya saya berikan estafet ini ke kalian ya adik2 2010... Semoga HIMA IPA jadi lebih baik lagi...

Update-an 19 Januari 2012

Sebenernya udah lama pengen nge share ini ke facebook tapi takut kurang bermakna jadi aku update lagi.

Kurasa perlu pengevaluasian lebih lanjut mengenai semua hal yang berhubungan dengan HIMA. 

Pertama, Pengevaluasian pribadi : menurut ku kinerja ku di HIMA tahun ini menurun tidak seperti tahun sebelumnya yang semangat banget. 
Kedua, pengevaluasian Bidang jurnalistik : Hmm, Prokernya mengalami kemunduran dari proker tahun lalu dimana mading dan buletin dikurangi jumlahnya tapi ga didampingi dengan perbaikan mutu dari "konten" nya. Kalau desainnya sudah tidak diragukan lagi.  Oh ya berhubung dalam pengevaluasian diadakan analisis SWOT maka aku akan mencoba menganalisis :
Strenght a.k.a kekuatan : kekuatan dari bidang jurnalistik kemaren adalah adanya Cimud sebagai layouter yang membuat pekerjaan desain-mendesain menjadi mudah, selain itu para laskar jurnalis yang masih semangat (kecuali kabidnya).
Weakness alias kelemahannya adalah kurangnya koordinasi karena keabsurdan kabidnya.
Opportunity binti kesempatan : obyek dari bidang jurnalistik adalah berita dari sekeliling mahasiswa yang tak habis diberitakan.
Treatment atau ancamannya adalah minat baca mahasiswa pendidikan ipa yang kurang.

Ketiga pengevaluasian anggota pengurus hima secara keseluruhan : Good lah (takut dilempar sepatu)

Pengevaluasian ketua (karena semua tergantung ketua): Emang sih setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi ya kita terima ajalah gimana sifat ketua HIMA IPA yang itu tuh (hehe, ditimpuk beneran sama Ary). Tapi nih ya yang paling aku g suka dari dia adalah suka merintah dan kalimat favoritnya adalah "Apakah semuanya harus dilakukan oleh ketua? Lha Gunane kabid ki nggo ngopo?" hrrrr. Yah semoga ketua yang sekarang ga kaya dia. Amin....
 Udah ah segini aja update annya...

2 komentar:

[L]ain mengatakan...

Nyalonin lagi aja kak (:

Arsifa mengatakan...

hehe,, ga bisa soalnya udah dua taun di HIMA gantian yang lain